Search
Engine Optimized
Biasa disebut dengan optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian
proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs
web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja
atau algoritma mesin
pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada
posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan
kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati
posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan
pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.
Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah
perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.
Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin
pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Berikut
ini adalah berberapa tips yang menjadi prioritas dalam SEO:
1. Konten (Artikel)
Memiliki
konten yang unik atau berbeda dengan website lain adalah penting. Search Engine
akan memberikan prioritas kepada website yang kontennya unik.
2. Kontent sering diupdate
Website
yang sering diupdate lebih menarik bagi search engine. Seperti halnya manusia,
search engine juga butuh hal – hal yang baru (update).
3. Kata Kunci (KeyWord)
Kata kunci yang ditarget sebaiknya kata kunci yang tidak
kurang dari 2 kata. Contoh: jika website bertema Kesehatan, adalah lebih baik
menarget kata kunci “menjaga kesehatan” atau “tips sehat”. Pemilihan kata kunci
ini harus didukung oleh konten (artikel) website. Jika kata kunci yang menjadi
target adalah “tips sehat”, maka website juga harus memuat artikel yang
memuat kata kunci “tips sehat”. Jumlah penggunaan kata kunci dalam artikel juga
jangan sampai berlebihan. Proporsi yang disarankan adalah3 % – 5% dari jumlah
kata dalam artikel. Misalnya artikel memuat 100 kata, maka cukup gunakan
sebanyak 3 – 8 kali saja . (Baca : Panduan Keyword Research
dengan Keyword Tool External).
4. Tautan
dari Website Lain (Backlink)
Backlink adalah tautan link dari website lain ke website
kita. Backlink ini berguna untuk meningkatkan page
rank. Website yang memiliki pagerank tinggi akan dinilai sebagai
website yang berkualitas oleh search engine. Backlink yang efektif sebaiknya
menggunakan keyword sebagai anchor text.
Contoh: jika anda website bertema “kesehatan”, target keyword “tips sehat” dan
domainnya adalah “namadomain.com”, maka “tips sehat” sebagai anchor text, bukan
namadomain.com. (Kalau belum tahu anchor text, liat tulisan “page rank” di
atas, anchor textnya adalah “page rank” dan link-nya adalah wikipedia.com).
5. Penggunaan Meta Tag
- Tag Title: <title>NamaDomain.Com
| kata kunci 1 | kata kunci 2 </titile>
(Usahakan Maksimal 60 karakter, sebagian besar search engine menggunakan 60 karakter untuk title) - Tag Deskripsi:
<meta name=”description” content=”NamaDomain.Com | bagian ini mendeskripikan tentang isi website, usahakan ada kata kunci di sini ” /> - Tag Keywords:
<meta name=”keywords” content=”kata kunci1, kata kunci 2, kata kunci n”/>

Tidak ada komentar:
Posting Komentar