Selasa, 29 November 2016

SEARCH ENGINE OPTIMIZED


Search Engine Optimized


Biasa disebut dengan optimisasi mesin pencari merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Berikut ini adalah berberapa tips yang menjadi prioritas dalam SEO:
1. Konten (Artikel)         
Memiliki konten yang unik atau berbeda dengan website lain adalah penting. Search Engine akan memberikan prioritas kepada website yang kontennya unik.
2. Kontent sering diupdate
Website yang sering diupdate lebih menarik bagi search engine. Seperti halnya manusia, search engine juga butuh hal – hal yang baru (update).
3. Kata Kunci (KeyWord)
Kata kunci yang ditarget sebaiknya kata kunci yang tidak kurang dari 2 kata. Contoh: jika website bertema Kesehatan, adalah lebih baik menarget kata kunci “menjaga kesehatan” atau “tips sehat”. Pemilihan kata kunci ini harus didukung oleh konten (artikel) website. Jika kata kunci yang menjadi target adalah “tips sehat”, maka website juga harus memuat artikel  yang memuat kata kunci “tips sehat”. Jumlah penggunaan kata kunci dalam artikel juga jangan sampai berlebihan. Proporsi yang disarankan adalah3 % – 5% dari jumlah kata dalam artikel. Misalnya artikel memuat 100 kata, maka cukup gunakan sebanyak 3 – 8 kali saja . (Baca : Panduan Keyword Research dengan Keyword Tool External).
4. Tautan dari Website Lain (Backlink)
Backlink adalah tautan link dari website lain ke website kita. Backlink ini berguna untuk meningkatkan page rank. Website yang memiliki pagerank tinggi akan dinilai sebagai website yang berkualitas oleh search engine. Backlink yang efektif sebaiknya menggunakan keyword sebagai anchor text. Contoh: jika anda website bertema “kesehatan”, target keyword “tips sehat” dan domainnya adalah “namadomain.com”, maka “tips sehat” sebagai anchor text, bukan namadomain.com. (Kalau belum tahu anchor text, liat tulisan “page rank” di atas, anchor textnya adalah “page rank” dan link-nya adalah wikipedia.com).
5. Penggunaan Meta Tag
  • Tag Title:  <title>NamaDomain.Com | kata kunci 1 | kata kunci 2 </titile>
    (Usahakan Maksimal 60 karakter, sebagian besar search engine menggunakan 60 karakter untuk title)
  • Tag Deskripsi:
    <meta name=”description” content=”NamaDomain.Com | bagian ini mendeskripikan tentang isi website, usahakan ada kata kunci di sini ” />
  • Tag Keywords:
    <meta name=”keywords” content=”kata kunci1, kata kunci 2, kata kunci n”/>











                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar